WDI Wiki | WDI

Agile Software Development

Agile Software Development merupakan suatu metode pengembangan sistem jangka pendek namun memerlukan adaptasi yang begitu cepat dari pengembang dari berbagai perubahan dalam bentuk apapun.


Dalam metode ini, interaksi dan personel merupakan hal yang lebih penting dari pada proses dan alat. Selain itu, software yang berfungsi juga lebih penting daripada dokumentasi yang lengkap. Berkolaborasi dengan klien juga menjadi lebih penting daripada melakukan negosiasi kontrak serta sikap tanggap terhadap adanya perubahan juga lebih penting daripada mengikuti rencana.

 

Tim yang tanggap dan cepat dalam menghadapi perubahan yang terjadi merupakan salah satu ciri dari metode ini dan merupakan hal yang paling utama saat membangun software, seperti melakukan perubahan kebutuhan software, perubahan anggota tim, perubahan teknologi dll.

 

Selain itu, metode ini juga memerlukan komunikasi antara anggota tim, seperti antara orang teknis dengan businessman, developer dengan manajernya dll.

 

Ciri lain dari Metode Agile Software Development adalah klien menjadi salah satu bagian dari tim pembangun software tersebut. Ciri-ciri ini sesuai dengan 12 prinsip yang telah diterapkan oleh Agile Alliance, antara lain yaitu:

  1. Kepuasan klien merupakan prioritas utama dengan cara menghasilkan produk lebih awal dan terus menerus.

  2. Menerima perubahan kebutuhan, sekalipun diakhir pengembangan.

  3. Hasil/software diserahkan dalam rentang waktu dua minggu hingga dua bulan.

  4. Bagian bisnis dan pembangun bekerja sama setiap hari selama proyek berlangsung.

  5. Proyek dibangun di dalam lingkungan orang-orang yang mempunyai motivasi tinggi dalam bekerja di lingkungan yang mendukung serta dapat dipercaya agar proyek dapat segera dituntaskan.

  6. Melakukan komunikasi yang efektif dan efisien dengan cara berkomunikasi secara langsung.

  7. Ukuran utama dari kemajuan suatu proyek adalah software yang berfungsi dengan baik sesuai dengan yang telah direncanakan.

  8. Agar proyek tetap dapat terjaga dan berkesinambungan, maka diperlukan dukungan yang stabil dari sponsor, pembangun serta pengguna.

  9. Untuk meningkatkan sifat agile, maka diperlukan perhatian terhadap kehebatan teknis dan desain yang bagus.

  10. Mementingkan kesederhanaan.

  11. Kebutuhan akan desain yang bagus akan muncul dari tim yang mampu mengatur dirinya sendiri dengan baik.

  12. Diperlukan evaluasi tim secara periodik agar mampu mencari cara yang lebih efektif dan efisien.


    Category :
  • Web