WDI Wiki | WDI

AI (Artificial Intelligence)

Ilmu yang mengembangkan komputer agar dapat bekerja dan berpikir serta mengambil keputusan layaknya manusia. Biasanya sebuah sistem AI ( Artificial Intelligence ) mempunyai kemampuan untuk memperoleh informasi baru yang akan dikumpulkan agar sistem AI menjadi lebih cerdas lagi.


Pada umumnya, Artificial Intelligence berbentuk mesin atau software yang tujuannya dapat menggantikan peran manusia agar sebuah pekerjaan atau pemecahan suatu masalah dapat dilakukan dengan mudah dan lebih efisien. Saat ini, AI menjadi teknologi yang populer karena kemampuannya yang diperkirakan mampu menggantikan peran manusia.


Dalam bahasa Indonesia, Artificial Intelligence berarti Kecerdasan Buatan, yaitu suatu kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas ilmiah yang dibuat dan dimasukkan ke dalam suatu mesin/ komputer agar dapat melakukan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh manusia, seperti kemampuan menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, melakukan perencanaan dan penjadwalan, melakukan pengendalian, serta melakukan pengenalan terhadap tulisan tangan, suara dan wajah.


Penerapan artificial intelligence ini tidak terbatas hanya pada industri IT saja, namun juga sangat membantu untuk bidang lain seperti medis, pendidikan, hukum, perfilman, dan lain-lain. Beberapa bidang yang saat ini telah menggunakan kecerdasan buatan ini antara lain yaitu, game komputer, sistem pakar, logika fuzzy, robotika, serta jaringan syaraf tiruan. Di kehidupan sehari-hari, kita juga sudah bisa menemukan penerapan teknologi AI ini seperti Google Assistant di smartphone, Siri di perangkat Apple, Tesla yaitu teknologi yang mampu menggantikan peran sebagai driver dan lain-lain.


Secara ringkas, berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Artificial Intelligence, antara lain yaitu:

1. Bersifat konsisten dan teliti

2. Bersifat lebih permanen

3. Mempunyai harga yang lebih murah daripada kecerdasan alami

4. Menawarkan kemudahan untuk dapat digandakan atau disebarluaskan

5. Dapat didokumentasikan


Meskipun mempunyai banyak kelebihan, AI juga mempunyai kekurangan, yaitu :

1. Tidak mempunyai common sense yaitu kemampuan yang tidak hanya sekedar memproses informasi, namun juga bisa mengerti tentang informasi tersebut.

2. Kecerdasan AI hanya sebatas program yang diberikan.

3. AI tidak mempunyai kemampuan untuk mengembangkan sebuah pengetahuan.