WDI Wiki | WDI

ALGOL (Algorithmic Oriented Language)

ALGOL ( Algorithmic Language ) merupakan Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam persoalan dalam langkah-langkah yang terbatas. Bahasa ini biasanya digunakan untuk membuat program-program science. ALGOL sendiri merupakan satu dari beberapa bahasa tingkat tinggi/ HLL yang didesain secara spesifik untuk pemrograman komputasi spesifik. Kelebihan ALGOL adalah kemampuannya dalam melaksanakan kontrol loop yang lebih luwes dan luas jika dibandingkan dengan Fortran.


Bahasa ini pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1950-an dengan bahasa pemrograman pertama yang diberi nama ALGOL 58, kemudian pada tahun 1960-an dilanjutkan dengan ALGOL 60 dan ALGOL  68. Bahasa pemrograman ini sangat populer di Eropa pada pertengahan tahun 1960-an.


Bahasa pemrograman ini sendiri didesain oleh komite internasional sebagai bahasa pemrograman universal. Mesin yang mengenali bahasa pemrograman ini akan memungkinkan para programmernya untuk lebih kreatif dalam mengembangkan programnya, meskipun dalam implementasinya tidak semudah membalikkan telapak tangan.


Meskipun tidak sepopuler FORTRAN dan COBOL, namun program ini masih dipertimbangkan sebagai bahasa yang paling penting dan mempunyai pengaruh terhadap perkembangan bahasa pemrograman penerusnya. 


Kegunaan dari ALGOL ini adalah untuk merancang fungsi algoritma baik menggunakan komputer atau tanpa komputer. ALGOL mempunyai kemampuan untuk melakukan operasi proses informasi yang umum secara lebih mudah. Namun karena kepopularitasan bahasa Pascal, bahasa pemrograman ALGOL saat ini sudah jarang digunakan. Meskpin demikian, prinsip bahasa ALGOL tetap menjadi pegangan dalam bahasa Pascal.


Fitur dalam bahasa ALGOL mampu mengelompokkan satu himpunan statmen yang disebut sebagai statmen majemuk. Statmen majemuk ini yang diperlukan sebagai keseluruhan statmen oleh elemen program yang lain.


Berbagai fitur yang terdapat dalam bahasa pemrograman ini, antara lain yaitu:

  1. Menggunakan konsep tipe data secara formal

  2. Nama variabel tidak terbatas pada panjangnya

  3. Index array dibuat tidak terbatas

  4. Parameter dipisahkan oleh modenya sendiri (in dan out)

  5. Index ditempatkan dalam bracket yang ditandai dengan tanda []

  6. Mendukung compound statement

  7. Tanda semicolon, seperti titik koma dll, merupakan pemisah antar statement

  8. Menggunakan operator assignment :=

  9. Statemen IF mempunyai ELSE-IF (nested-IF)


    Category :
  • Web