WDI Wiki | WDI

ASP (Active Server Pages)

ASP merupakan singkatan dari Active Server Pages, yaitu bahasa pemrograman buatan Microsoft yang memadukan antara server-side scripting dan HTML. Fungsinya adalah untuk membuat sebuah halaman web yang dinamis (dynamic pages). Bahasa ini merupakan fasilitas yang diberikan oleh Microsoft untuk memudahkan programmer dalam membuat aplikasi web server.

Server-side scripting sendiri memiliki arti bahwa segala proses program dilakukan di sisi server , sedangkan client hanya akan menerima output dalam bentuk HTML saja. Hal ini terjadi karena jika server menerima request file ASP, maka file tersebut akan diproses terlebih dahulu pada server, kemudian yang nantinya akan dikirimkan berupa kode-kode HTML saja. Selain itu, karena sifatnya yang server side scripting maka program ASP ini dapat bekerja pasa semua web browser. Bahasa ASP memiliki syntax dan interface yang mirip dengan Visual Basic . Hal ini disebabkan karena pada dasarnya Visual Basic mempunyai korelasi dengan produk dan program buatan dari Microsoft.

Bahasa pemrograman ASP termasuk mudah untuk dipelajari, yang dibutuhkan adalah mengenal HTML serta VBScript. Dengan mempelajari ASP anda bisa untuk membangun sebuah aplikasi web yang dinamis. Untuk mulai menggunakan ASP, diperlukan minimal sebuah text editor atau tools web development yang lain seperti Visual Interdev, Homesite, Dreamweaver, dan lain-lain. Script ASP dalam file ASP akan ditandai dengan awal tag <% dan akan diakhiri dengan tag %>. Diantara kedua tag tersebut terdapat kode VBScript diletakkan.

Program ASP ini bekerja menggunakan produk Microsoft bernama IIS atau Internet Information Server. Berbeda dengan HTML yang hanya menampilkan isi yang statis, ASP bisa menampilkan isi halaman yang berbeda sesuai dengan tujuan pemrogramannya. Berikut beberapa keunggulan ASP :
  • 1. Mudah untuk dipelajari
  • 2. Mudah untuk dikembangkan dari sistem yang sudah ada
  • 3. Tidak perlu kompilasi
  • 4. Mudah menggabungkannya dengan teknologi lain seperti CGI, DCOM, ActiveX, dan lain-lain
  • 5. Memberikan fasilitas keamanan seperti session Object, cookie, dan fasilitas transaksi online yang aman dengan menggunakan protokol SSL 

    Category :
  • Web