WDI Wiki | WDI

ASP (Application Service Provider)

Application Service Provider merupakan penyedia layanan aplikasi , yaitu suatu usaha yang menawarkan akses berupa penggunaan aplikasi perangkat lunak kepada pengguna individu maupun perkantoran melalui sarana Internet. Perangkat lunak yang disediakan dengan model ASP sering juga disebut sebagai perangkat lunak on-demand atau software as service ( Saas). Contohnya adalah memberikan akses program khusus menggunakan HTML atau teknologi lain.

Pada dasarnya ASP merupakan suatu Independent Software Provider/Vendor (ISP/ISV) yang memanfaatkan jaringan internet sebagai salah satu sarana penyampaian sehingga program aplikasi yang digunakannya dapat berfungsi dengan baik. Koneksi antara pengguna dengan ASP bisa melalui jalur internet atau VPN ( virtual private network), atau bisa juga melalui jalur khusus yaitu leased line. Untuk melindungi data penggunannya, ASP juga akan menawarkan berbagai macam tingkat security, sistem backup data, disaster recovery, termasuk tingkat kinerja dan availability . Hal-hal tersebut sudah terdapat dalam SLA ( Service Level Agreement ), yaitu sebuah perjanjian yang menjadi rujukan antara pengguna dengan pihak ASP.

Keuntungan menggunakan software / perangkat lunak ASP :
  • 1. Biaya bulanan yang tetap
  • 2. Lebih simple dan mudah, karena tidak harus mengurus penginstalan dan pemeliharaan software
  • 3. Lebih murah daripada membeli langsung
  • 4. Lisensi model non perpetual
  • 5. Selalu mendapat software dengan versi terbaru
  • 6. Tidak perlu memikirkan upgrade hardware


Pada mumnya target pengguna ASP adalah perusahan kecil menengah yang sebagain besar masih belum memiliki departemen IT sendiri. ASP akan memudahkan perusahaan tersebut karena ASP yang akan membantu pemeliharaan software yang digunakan. Namun pengguna ASP tidak selalu dari perushaan, pemakaian untuk personal atau menggunakan PC pribadi juga bisa menjadi pengguna. Hal ini karena saat ini banyak ASP yang juga menyediakan aplikasi dengan basis web . ASP biasanya akan menawarkan aplikasi pengolahan data, penguji kinerja PC, dan masih banyak lagi. Hal lain yang harus diperhatikan oleh pengguna ketika menggunakan jasa ASP ini adalah pengguna harus memperhatikan SLA ( Service Level Agreement ) yang diberikan di awal.  Isi SLA harus dipastikan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.


    Category :
  • Web